PUSKESMAS RAMAH ANAK benar benar Puskesmas  yang berinovasi ramah lingkungan khususnya Terhadap Anak. Untuk mewujudkan Puskesmas Ramah Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana ( DP3AKB ) sebagai koordinator mengajak bekerja sama dengan dinas dinas terkait di antaranya PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bappelitbang dll.

Untuk mewujudkan Puskesmas Ramah anak ada beberapa tahap yang perlu di persiapkan  : membentuk Tim yang di sebut Gugus Tugas , Tim tersebut harus mengetahui  dan  memahami capaian indikator yang harus di laksanakan di Puskesmas yang ada di kabupaten Ngawi di antaranya 1) Kelembagaan, 2) Sumber daya manusia, 3) Sarana pra sarana dan lingkunga, 4) Pelayanan, 5) Pengelolaan, 6) Partisipasi Anak, 7) Pemberdayaan Masyarakat.

Tidak kalah penting Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ngawi Ibu Hj. Antik Budi Sulistiono begitu sapaan akrapnya bersama lintas sektor Dinas mengunjungi fasilitas Puskesmas Ramah Anak yang ada di Kabupaten Ngawi.

Dalam kunjungannya ibu Ketua Tim Penggerak PKK ( Ibu Hj. Antik Budi Sulistyono ) ke 24 Puskesmas yang ada di 19 Kecamatan Ibu Hj. Antik Budi Sulistyono menghimbau agar  fasilitasnya lengkap, bersih , ramah untuk anak terutama puskesmas- puskesmas tersebut ada ruang khusus untuk ibu menyusui, ruang bermain, konseling remaja, ruang membaca dan rawat inap yang nyaman, sehingga membuat anak anak betah ketika anak sakit dan harus Opname,

Menurut ibu Hj. Antik Puskesmas Ramah anak ini merupakan langkah nyata untuk mengurangi kekerasan terhadap anak, baik secara fisik maupun non fisik. Selama ini fasilitas publik yang ada kerap mengabaikan kenyamanan dan keamanan bagi anak – anak, sehingga anak merasa tertekan saat mengakses layanan publik tsb. Jadi kalau Kabupaten sudah mencanangkan Kabupaten Layak Anak ( KLA ), maka Indikator salah satunya adalah Puskesmas Ramah Anak

Bupati Ngawi Ir.H. Budi Sulistiyono dengan sapaan akrapnya Mbah Kung mengatakan pihaknya melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana ( DP3AKB ) dan Dinas Kesehatan telah berkomitmen bersama untuk mendorong agar seluruh Puskesmas di Kabupaten Ngawi untuk menjadi Puskesmas Ramah Anak .      Saat ini dari 24 Puskesmas yang ada di Kabupaten Ngawi sudah melaksanakan minimal 8 (delapan) Indikator Puskesmas memberikan layanan ramah anak Ramah . Selanjutnya Pemkab Ngawi berkomitmen secara bertahab akan menjadikan seluruh Puskesamas menjadi Puskesmas Ramah Anak ( PRA )