Rapat Persiapan Peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Ngawi Oleh Menteri PAN RB
Ngawi – Menjelang Kunjungan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Republik Indonesia Abdullah Azwar Anas, M.Si beserta Rombongan dari Kementerian/Lembaga/Instansi Vertikal Pusat yang menyediakan pelayanan publik ke Kabupaten Ngawi dalam rangka Peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Ngawi. MPP Ngawi rencananya akan diresmikan langsung oleh MenPAN RB pada hari Kamis, 27 Juni 2024.
Untuk itu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ngawi, melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Peresmian MPP yang berlangsung di Ruang Command Center Lantai 2 Sekretariat Daerah Kabupaten Ngawi (6/6/2024), Rapat Koordinasi diikuti seluruh Perangkat Daerah/BUMD dan Lintas Sektor yang melaksanakan pelayanan di MPP Ngawi, termasuk Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Ngawi yang melaksanakan pelayanan di MPP Ngawi meliputi :
- Layanan Surat Dispensasi Kawin bagi Anak dibawah umur;
- Layanan Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak; dan
- Layanan KB Care (Konseling KB)
Masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan dari DP3AKB bisa langsung datang di Loket 27 MPP Ngawi di Jl. PB Sudirman Ngawi (Sebelah Barat Tugu Gading Kartonyono), Layanan dibuka mulai Jam 08.00 WIB s.d 14.00 WIB.
Rapat Persiapan Peresmian MPP Ngawi dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ngawi Drs. Mokh. Sodiq Triwidiyanto, M.Si, didamping oleh Kepala DPMPTSP Totok Sudaryanto, S.H., M.H dan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Ngawi Hari Wahono, S.STP., M.Ikom.
Kepala DPMPTSP dalam paparannya bahwa Peresmian MPP akan dilakukan secara mandiri oleh Men PAN RB beserta Deputi dan Rombongan instansi vertikal pusat dan tidak ada agenda yang lainnya. Diminta kepada seluruh Perangkat Daerah/BUMD dan Lintas Sektor yang menyelenggarakan pelayanan di MPP harus mempersiapkan diri baik itu secara administrasi maupun petugas pelayanan.
Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Ngawi dalam paparannya menyebutkan bahwa dari segi administrasi yang perlu dipersiapkan adalah Visi dan Misi, Maklumat Pelayanan, Moto Pelayanan dan Standar Pelayanan. Sedangkan dari Segi Operasional harus mempersiapkan Petugas Pelayanan yang cerdas dan memahami jenis dan alur pelayanan termasuk pengaduan pelayanan.
Petugas Pelayanan yang ada di MPP Ngawi harus sudah memakai atribut seperti Nama Dada, Name Tag, Nama Meja, Petugas Layanan diharapkan juga selalu ramah dan sopan, menguasai jenis dan alur pelayanan sekaligus bisa memberikan solusi apabila ada pengaduan layanan.
Sekretaris Daerah Kabupaten Ngawi dalam sambutannya menekankan bahwa kita harus mempunyai inovasi dalam pelayanan publik dikarenakan pelayanan publik di Kabupaten Ngawi masuk dalam 3 besar pelayanan terbaik yang ada di Jawa Timur. Menteri PAN RB akan mengunjungi setiap konter pelayanan yang ada di MPP sekaligus melakukan interaksi/wawancara dengan petugas pelayanan yang ada di konter yang akan didatangi, juga melihat standar pelayanan yang ada di masing-masing konter sudah sesuai dengan aturan standar pelayanan publik atau belum.
Menteri PAN RB merupakan mantan Bupati Banyuwangi, yang mana selama kepemimpinan beliau. Pelayanan Publik yang ada di Banyuwangi merupakan pelayanan terbaik yang ada di Indonesia dan menjadi percontohan pelayanan publik baik bagi Provinsi, Kabupaten dan Kota yang ada di Indonesia.