October 18, 2024

Kunjungan Lapangan Tim Audit Kasus Stunting di Desa Jururejo Kecamatan Ngawi

0
Bagikan ke :

Ngawi – Tim Audit Kasus Stunting Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Ngawi melakukan kunjungan lapangan ke sasaran kasus stunting di Desa Jururejo, Kecamatan Ngawi (6/6/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi anak stunting, penyebab resiko terjadinya Stunting pada kelompok sasaran, melakukan kajian khusus pada kertas kerja, serta untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah desa, Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten untuk dalam penanganan kasus stunting.

Tim melakukan wawancara dengan ibu dan ayah balita stunting untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan balita mereka mengalami stunting, sekaligus melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap anak stunting.

Kunjungan lapangan diketahui bahwa balita stunting telah mendapatkan penanganan dari dokter anak dan mendapatkan pengobatan rutin dan Balita tersebut sudah di usulkan untuk mendapatkan orang tua asuh.

Pemeriksaan kesehatan menunjukkan bahwa balita tersebut mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu asupan gizi yang kurang, Infeksi, Lingkungan yang tidak sehat

Tim memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Desa Jururejo dan Pemerintah Kabupaten untuk menangani kasungi stunting tersebut. Rekomendasi tersebut antara lain:

  1. Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang;
  2. Meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan
  3. Meningkatkan kualitas lingkungan.

Leave a Reply